15 Juni 2024

6 Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi

6 Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi

6 Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi
Admin Jaga Malam
Bagi para bunda yang kebingungan mengobati batuk berdahak pada anak dan bayi, pafihalmaheratimur mengungkap cara jitunya. Tenang saja, pengobatan yang disarankan kali ini bukan dengan memberikan obat kimia, melainkan dengan cara alami.

Terlebih, cara mengatasi batuk pada bayi memang harus berhati-hati sebab tubuhnya masih sangat sensitif dengan bahan-bahan kimia.

Karena munculnya batuk pada bayi sering disertai pilek, bunda-bunda perlu segera meredakan gejalanya. Sebab, masalah kesehatan tersebut dapat menimbulkan berbagai efek buruk mulai dari rewel, penurunan nafsu makan, sulit tidur, hingga sulit bernafas.

Begini Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi


Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi

Di usia yang masih kecil, tubuh sangat rentan terkena penyakit termasuk batuk berdahak. Jika ingin meredakan gejalanya, bunda bisa melakukan beberapa langkah simpel berikut:

1. Memberikan ASI Ekstra


Apabila si kecil masih mengkonsumsi ASI, berikan ASI ekstra untuk meningkatkan sistem imunnya. Ketika sistem imunnya semakin kuat, maka proses penyembuhan pilek pada bayi bisa lebih cepat.

Berdasarkan informasi yang beredar, ASI juga dipercaya mampu mengatasi batuk berdahak. Hal ini dikarenakan kandungan baiknya dapat membantu mengencerkan dahak sekaligus melegakan tenggorokan.

2. Memberi Minuman Hangat


Apabila anak Anda sudah berusia 6 bulan, atasi masalah batuk berdahak yang disertai pilek dengan memberi air minum hangat. Guna memaksimalkan efek baiknya, tambahkan secukupnya madu.

Madu sendiri sudah dipercaya sejak lama sebagai obat alami yang mengandung anti bakteri. Jadi cukup efektif untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Hanya saja perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun karena berpotensi menyebabkan keracunan.

3. Memberi Uap Hangat


Cara mengobati batuk pada anak selanjutnya adalah dengan memberi uap hangat. Tujuannya adalah untuk meredakan batuk pada anak sehingga mereka bisa bernafas lega kembali.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminta anak untuk menghirup uap air hangat selama beberapa saat. Jika hal itu dirasa sulit untuk dilakukan anak-anak, maka minta mereka berendam air hangat saat mandi.

4. Pasang Humidifier


Sebagai informasi, humidifier merupakan alat yang berguna untuk melembabkan udara. Ketika udara di ruangan yang ditempati si kecil lembab, saluran pernapasannya akan menjadi lebih lega.

Oleh karenanya penting untuk menempatkan humidifier di ruangan yang sering ditempati si kecil, termasuk kamar tidurnya. Jika menerapkannya dengan benar, lendir yang menjadi penyebab hidung tersumbat dan batuk berdahak akan encer dengan sendirinya.

5. Meninggikan Kepala Saat Berbaring


Memposisikan kepala lebih tinggi dari anggota pernapasan dapat membantu membuka saluran pernapasan di kecil. Alhasil, dahak yang sulit keluar menjadi encer dan mudah dikeluarkan saat batuk atau bersin.

Bukan hanya diperuntukkan bagi anak-anak, cara ini juga efektif digunakan untuk meredakan batuk pilek pada orang dewasa. Bahkan membantu mereka tidur lebih nyenyak karena efek nyaman yang muncul saat tidur dengan posisi tersebut.

6. Mencuci Hidung


Belakangan ini di media sosial beredar potongan video mengenai ibu atau tenaga ahli terlatih yang mencuci hidung anak. Meski tampak ekstrim, tetapi mencuci hidung termasuk cara mengatasi pilek pada bayi yang terbilang efektif.

Mencuci hidung menggunakan neti pot mampu membantu mengeluarkan lendir dari dalam hidung. Hanya saja, apabila melakukannya sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga ahli, sebaiknya bunda berhati-hati agar hidung si kecil tidak sampai cedera.

Berdasarkan langkah-langkah meredakan batuk sekaligus pilek pada anak dari pafihalmaheratimur yang dijelaskan di atas, bunda bisa memilih cara yang dinilai paling efektif. Namun, apabila batuk pileknya semakin parah, segera bawa ke dokter.
6 Cara Mengobati Batuk Berdahak pada Anak dan Bayi
4/ 5
Oleh
Add Comments